Jumat, 08 Juli 2016

Maju Dalam Kesederhanaan

Beberapa hari setelah Steve Jobs meninggal, status di facebook ramai dengan quote sukses a la Steve jobs. Karena penasaran dan ingin tau banyak tentang Steve jobs, saya beli buku Biografinya yang tebalnya kayak novel Harry Potter.

Saya mempelajari satu konsep kesuksesan dari Steve jobs. Adalah tentang kesederhanaan. Menurutnya kesederhanaan adalah kecanggihan yang sesungguhnya. Butuh team hebat untuk membuat iPhone yang kaya fitur unggulan namun sederhana nan elegan dalam tampilan. Yah, dan saya adalah pengguna iPhone pada awal-awal peluncurannya 😊

5 tahun kemudian, konsep kesederhanaan ini amat sangat berguna dalam dunia yang crowd apalagi setelah menikah. Here's steps i did (that works for me) :
1. Kurangi pakaian pribadi
Saya akui keranjang pakaian yang mau dicuci banyakan pakaian saya karena ada 6 pakaian kantor berbeda yang saya pakai setiap hari. Tapi bicara soal pakaian sehari-hari, saya lebih banyak memakai baju dalam crocodile warna putih. Pakaian untuk pergi-pergi biasanya saya pakai pakaian batik yang multifungsi bisa dipakai sholat, ke kantor dan jalan-jalan.

Untuk urusan beli pakaian, saya tergolong yang cukup jarang beli baju. Sebagian baju saya justru merupakan pemberian. Alhamdulillah 😊

2. Perabotan dapur yang jarang dipakai, disimpan dalam container box.
Setelah menikah, dari bulan Agustus 2014 - Oktober 2016, saya berpindah kost/rumah kontrakan sebanyak 4 kali. Jadi kondisi ini  memaksa untuk membuat perabotan kami tersimpan aman dalam container box namun mudah diakses jika dibutuhkan.

3. Peralatan kerja di kantor yang tidak terpakai, dimasukkan ke laci.
Saya termasuk orang yang tidak suka melihat barang berantakan di meja kerja. Sesekali, saya suka membersihkan keyboard komputer yang sudah penuh dengan potongan kertas dan isi steples. Sungguh menyenangkan melihat meja kerja yang bersih dan tertata. Saya suka saya suka 😁

4. Mengisi waktu luang dengan :
- Membaca
- Mencari jawaban suatu pertanyaan di Quora
- Membaca artikel bermanfaat di blog favorite
- Kepo status facebook teman
- Nonton dubsmash lucu di youtube

5. Kurangi bicara yang tidak perlu.
Saya adalah sosok manusia yang irit bicara. Kadang saya masih malu untuk membuka percakapan apalagi dengan orang belum atau baru saya kenal. But please don't underestimate about me, saya juga ramah seperti orang indonesia lainnya 😊

6. Beli seperlunya
Pernah saya dengar ceramah Profesor Hamdan Johannis yang memaparkan hukum 70/30. Apa maksud 70/30? Saya juga kesulitan menjelaskannya tapi saya bisa berikan contoh aplikasi dari 70/30. Bahwasanya, 70% dari isi lemari tidak terpakai oleh pemiliknya. Satu lagi, 70% perabotan di dapur jarang dipakai, dll

Dari sinilah, kadang saya harus deal-dealan dengan istri ketika pergi berbelanja di Super market. Kalau tidak terlalu dibutuhkan, jangan dibeli dulu. Tapi... Duit hasil "gagal belanja" tadi dipakai makan-makan atau nonton di bioskop. Smart enough ngakalin saya 😭

Menyederhanakan hidup inilah membuat hal yang kompleks menjadi sederhana nan berkualitas. Menutup artikel ini, saya ingin tegaskan bahwa sederhana yang saya maksud bukan alasan karena kekurangan. Hidup itu harus hebat, pergaulan luas dan memberi manfaat pada orang banyak. Yang sederhana itu adalah sikap kita. Sederhana itu bahagia 😍

If you have your own story or tips, don't be shy to share below, thank you 😘

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Makasih Mbak Bocil. Klo ada tips yang terlewat, tambahkan di kolom komentar ya Mbak :D

      Hapus